Variabel penentu yang
membuat sekolah bermutu adalah guru-gurunya yang memiliki tingkat
adaptasi yang tinggi dalam lingkungan yang selalu berubah. Ilmu
pengetahuannya selalu terbarukan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang semakin cepat. Kemajuan sekolah dipengaruhi oleh tingkat
perkembangan keterampilan guru dalam mendongkrak kemajuan siswa belajar.
Keterampilan terbaiknya adalah membuat siswa belajar bagaimana caranya
belajar.
Guru yang efektif
membuat siswanya balajar mandiri, meningkatkan keterampilannya karena
kemauan belajarnya yang meningkat dari waktu ke waktu. Kemajuan sekolah
didorong oleh kemampuan guru selalu menyajikan hal-hal yang baru
sehingga siswa memiliki motivasi yang kuat untuk mengeksplorasi banyak
fenomena untuk mendapatkan pengetahuan yang baru. Untuk menunjang
kemajuan khususnya tekhnologi yang akhir akhir ini sedang digalakan oleh
pemerintah pusat seharusnya menjadi jembatan untuk kemajuan sekolah.
Sekolah yang bermutu
memiliki orang tua yang partisipatif mendukung siswa mempersiapkan dan
meningkatkan aktivitasnya mempelajari berbagai hal yang bermutu.
Meningkatkan kemauan siswa untuk selalu bekerja dengan baik. Pemantapan
belajarnya selalu tertingkatkan melalui pengulangan dan pembiasaan.
Orang tua yang efektif adalah yang memahami kebutuhan siswa belajar,
mendukung guru-guru bekerja efektif.
Sekolah yang efektif
adalah sekolah yang dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dan
lingkungan global yang diintegrasikan dengan teknologi sehingga dinding
kelas tidak menjadi pembatas pikiran siswa untuk berkembang. Sekolah
mampu mengintegrasikan sumber daya sekitar wilayahnya menjadi bagian
dari peraga pembelajaran yang efektif. Pelaksanaan pendidikan
terintegrasi pada kemajuan masyarakatnya dan terkait pada kemajuan yang
bangsa-bangsa lin pamerkan. Pikiran siswa dibuka lebar dengan wawasan
global.
Akan Tetapi Di Era Globalisasi
dan kemajuan jaman yang sangat cepat dan diharuskan untuk mengikutinya
masih banyak Guru yang masih ketinggalan dan belum bisa mengoperasikan
Komputer. Itu menjadi catatan penting dikala siswa harus bisa sementara
Gurunya tidak bisa Lantas Siswa Bisanya dari mana....?
Variabel utama penentu
kemajuan ialah kepala sekolah. Kepala sekolah adalah kunci kemajuan
sekolah. Semua potensi yang tersedia di sekolah tidak akan berarti
apa-apa di tangan kepala sekolah yang tidak kreatif. Sebaliknya berbagai
keterbatasan akan perubah di tangannya karena ia cerdas mengolahnya.
Catatan Penting Tidak
Selamanya Untuk Kepala Sekolah Yang Tua Yang Berwibawa. Untuk Kebanyakan
Kepala Sekolah kepala sekolah adalah yang sudah tua, Katanya yang tua
lebih banyak Asam Garamnya. Hal ini akan tidak tepat ketika dituntut
dengan kemajuan jaman dibidang tekhnologi ketika bimbingan teknis, dan
lain2...
Kepala sekolah
menggerakan seluruh insan di sekolah dengan cepat dan aman, seperti
seorang pilot pesawat jumbo yang selalu sigap menghadapi berbagai
perubahan dan tantangan, pemberani dan penuh berdisiplin, berpikir dan
bergerak cepat. Pikirannya selalu jauh melampaui pandangan orang-orang
di sekitarnya karena karakternya yang selalu mendahului orang dalam
belajar. Perhitungannya lebih kuat, lebih cepat, lebih dinamis, lebih
mengarah, lebih teriorganisir dalam memfasilitasi dan menggubah semua
potensi menjadi prestasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar